Red Island A.K.A Pulau Merah

Pantai Pulau Merah terletak sekitar 60 kilometer dari Kota Banyuwangi ke arah selatan. Untuk menjangkau obyek wisata ini membutuhkan perjuangan dan kesabaran. Selain perjalanan yang membutuhkan waktu dua setengah jam, Anda harus menaklukkan jalan yang rusak karena aspalnya terkelupas. Alat transportasi umum pun tergolong jarang. Sebuah bus umum hanya mengantar Anda hingga ke Pasar Pesanggaran di ibu kota Kecamatan Pesanggaran. Perjalanan dilanjutkan, sekitar 45 menit, dengan menyewa ojek yang biasa mangkal di pasar itu.


Pantai Pulau Merah menjadi salah satu lokasi wisata di kawasan pantai selatan yang masih alamiah. Sabuk hijau (green belt0) melingkar di sepanjang pantai menjadi pengaman wilayah ini dari musibah Tsunami yang pernah terjadi pada 1993. Tapi, dahsyatnya musibah itu nyaris melenyapkan keelokannya.

Peta Pulau Merah

Sebagian kawasan pantai Pulau Merah berada di kaki Gunung Tumpang Pitu, yang menjulang ratusan meter, yang juga merupakan kawasan hutan lindung. Namun, ancaman bagi kelestarian dan keelokan pantai itu datang pada tahun lalu, yakni ketika perusahaan pertambangan, PT Indo Multi Niaga, mengajukan izin untuk mengeksploitasi kandungan emas

Warga sekitar Pulau Merah dan Pancer berulang kali melakukan unjuk rasa menolak rencana pertambangan itu. Tidak hanya keindahan pantai yang memudar, yang memburamkan masa depan kawasan wisata itu, nelayan Pancer juga resah lantaran limbah yang terbuang ke laut meracuni ikan. Bila tidak ada upaya penyelamatan, pantai Pulau Merah hanya tinggal nama (koran tempo/ika ningtyas 14 nov 08)

Source

About Andri

www.aMorinda.com