Family Gathering dengan Anak-Anak Yatim Piatu

Visi Mandiri School (VMS) dan Entrepreneur University (EU) menggandeng Bali Outbound Community (BOC) menggelar acara Family Gathering bersama anak-anak yatim piatu pada 28 Mei 2011 lalu bertempat di Kebun Raya Bedugul.

VMS adalah sebuah sekolah nasional plus berbasis IT dan Entrepreneurship dengan jenjang pendidikan mulai dari playgroup, TK sampai SD. Sedangkan EU adalah sekolah entrepreneurship yang beranggotakan para pengusaha.

Kedekatan VMS, EU dengan BOC dimulai ketika mereka menjadi sponsor pada acara Berbagi Kasih dengan Anak Yatim Piatu yang diselenggarakan BOC beberapa waktu yang lalu. VMS dan EU menilai BOC telah sukses menyelenggarakan kegiatan berbagi kasih dengan anak-anak yatim piatu.

Salah satu konsep unik BOC waktu itu adalah mengajak anak-anak yatim piatu bermain bersama (fun games) di arena terbuka (outdoor). Fun Games itu mampu menanamkan keberanian, sportivitas dan kreativitas pada pola pikir anak-anak. Pun, berbagi secara konvensional juga dilakukan, yaitu memberikan uang saku, buku, alat tulis dan bingkisan lainnya.

Bagi VMS dan EU, kegiatan Family Gathering ini adalah yang pertama kalinya. Melibatkan 200 anak didik yang duduk di bangku playgroup dan TK plus para orang tuanya. Ditambah pula para anggota EU sendiri yang berjumlah ratusan orang.

Karena baru pertama kali, maka kepanitiaan dari VMS dan EU ingin kegiatan Family Gathering itu berlangsung lancar dan penuh dengan makna. Maka mengundang BOC untuk melakukan pendampingan kegiatan, semacam konsultan dadakan. Supaya lebih bernilai, maka kepanitiaan mengundang anak-anak yatim piatu dan mengajaknya bermain bersama dengan anak didik VMS.

3 minggu sebelum acara, BOC melakukan pendampingan kepada kepanitiaan yang dibentuk VMS dan EU. Pendampingan itu mulai dari persiapan anak-anak didik VMS, penggalian dana, Rancangan Anggaran Belanja, transportasi, seting arena bermain, koordinasi dengan anak yatim piatu dan konsep fun games.

Khusus untuk konsep dan pelaksanaan fun games, kepanitiaan menggandeng komunitas Break Point Camp (BPC). BPC sendiri yang digawangi oleh Ms. Olin dan Ms. Sarka membuat kemasan fun games yang melibatkan BOC dalam aksinya. Jadilah fun games yang memasukkan unsur-unsur cerita anak, semisal ada nuansa magic forest, ada penyihir, ada kurcaci, ada peri, ada raksasa (oger), ada nelayan, burung, dll.

Kegiatan yang dimulai pukul 07.00 WITA – 16.00 WITA itu diisi dengan bermain bersama, makan bersama dan diakhiri dengan penyerahan kenang-kenangan untuk anak-anak yatim piatu. Tujuan dari acara ini adalah menanamkan rasa berbudi luhur kepada anak-anak didik VMS dan menambah keakraban para pesertanya. Dan pula memberikan kesempatan berbagi kepada anak-anak yatim piatu. Semoga Tuhan YME selalu memberikan limpahan rejeki kepada semua komponen yang mengikuti acara tersebut. Amin.

About hendra

Berkarya di perusahaan Web Developer Bali (http://www.baliorange.net), alam selalu buat dadaku mengembang lapang!