Pulau Kadidiri, Sulawesi Tengah

Sunset Kadidiri

Sunset Kadidiri

Where is the Lokasi
Pulau Kadidiri secara administratif ada di Teluk Tomini, Kabupaten Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah dan berada di dalam kawasan Taman Nasional Kepulauan Togian.  Berada di antara kepulauan kecil Togian yang sangat terkenal di mancanegara karena ke-esksotisannya. The real hideaway.

Kepulauan Togian

Kepulauan Togian

Berangkat dari Ampana

Ke Pulau Kadidiri bisa ditempuh melalui Ampana, Ibu Kota Kabupaten Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah. Di Ampana ada sebuah dermaga dimana kita bisa menumpang perahu bersama penduduk. Perahu di sana biasanya punya trayek menuju Pulau Wakai, Bomba dan juga Kadidiri dengan tarif per orang kurang lebih Rp. 30.000 – Rp. 50.000 (2005). Kadang mereka mengantarkan sampai di Pulau Wakai saja kalau orang yang menuju ke Kadidiri cuma sedikit, dari sana kita bisa lanjut ke Pulau Kadidiri menggunakan perahu charter. Perjalanan menggunakan perahu dari Ampana sampai ke Pulau Kadidiri kurang lebih 5 jam, tergantung cuaca dan arus laut. Bisa juga menggunakan kapal ferry tapi pemberangkatannya cuma satu kali seminggu setiap hari Rabu. Kapal ferry ini menyeberang dari Ampana menuju Gorontalo dan transit di Pulau Wakai dengan tarif per orang Rp. 100.000. Dari Pulau Wakai kita bisa charter speed boat atau perahu bermesin dua dengan tarif yang berbeda pastinya.

Berangkat dari Gorontalo
Dari Gorontalo menyeberang ke Pulau Kadidiri bisa menggunakan kapal ferry yang berangkat sekali dalam seminggu dengan tujuan Pulau Wakai. Menurut informasi lama perjalanan dari Gorontalo ke Pulau Wakai dengan kapal ferry memakan waktu delapan jam (lama yah). Dari Pulau Wakai kita bisa lanjut ke Pulau Kadidiri selama satu jam menggunakan perahu, atau kalau mau lebih cepat silahkan charter speed boat.

What can I do there

Banyak yang bisa dilakukan di pulau kecil yang indah ini lho. Jangan salah, walau kecil dan jauh dari mana-mana pulau ini punya daya tarik tersendiri dan jarang ditemukan di tempat lain.

Snorkeling
Buat yang suka snorkeling, di sini tempatnya. Taman laut berhiaskan terumbu karang dan berbagai jenis fauna bener-bener fantastis. Ada Nemo dan jenis-jenis ikan lain yang bisa dinikmati selain tebaran terumbu karang yang dilindungi karena kawasan ini termasuk kawasan Taman Nasional. Dan asiknya kalau kita males naek perahu ke tengah laut, kita bisa snorkeling di pantai pesisir. Tinggal lari dari kamar langsung mak byur…Karena daerah pesisir pantai pun ga kalah menariknya buat snorkeling.

Diving
Ada beberapa spot diving di kawasan Kadidiri. Di antaranya ada bomba dengan shipwreck nya yang katanya mengasikkan (belom nyobain secara aku belum bisa diving :P). Ada banyak level dive spot yang bisa dijelajahi, mulai dari open water sampe ke night dive (diving malem-malem). Untuk diving bisa menggunakan jasa dive center di Black Marlin Dive yang memiliki peralatan lengkap seperti wet suit, snorkel, fin, oksigen sampai ke dive master pun ada karena mereka juga menyediakan kursus singkat untuk diving. Lengkap deh pokoke, ga perlu takut kurang peralatan kalo mau diving atau snorkeling di sana.

Bird Watching

Salah satu daya tarik di pulau ini adalah kegiatan bird watching. Ada beberapa jenis burung yang jarang kita temukan di tempat lain, salah satunya adalah Elang Kepala Putih yang seringkali swaring di tepian pantai.

Sunset Kadidiri (lagi)

Sunset Kadidiri (lagi)

What should to bring
Kamera, peralatan snorkeling (bisa disewa di Black Marlin Dive), peralatan diving (bisa disewa di Black Marlin Dive), de el el…

Ada tempat penginapan?
Paradise Cottages, sebuah penginapan berupa cottages yang asri. Tarif dibagi untuk tipe cottages; Deluxe, Superior, dan Standard

Black Marlin Dive, sebuah dive center yang juga punya beberapa pondokan kecil yang unik. Letak pondokannya beberapa ada yang dibangun di cerukan-cerukan tebing, unik dan tribal nuansanya.
Di pantai, buka tenda gelar matras ngepompong pake sleeping bag juga bisa kalo mau, hehe…

Ada telepon atau sinyal GSM?

Gak perlu ada. Kalo emang mau nyari sinyal, bisa nyeberang ke Pulau Wakai untuk dapet sinyal GSM atau kalau mau cari wartel.

Why should I go there
You should! Trust me…. :P

About Viar MS

travel | green enthusiast | countryside | web design | beer | coffee