Selamat Hari Bumi !

Hari ini 22 April 2014 selain hari selasa merupakan hari bumi, hari bumi adalah hari pengamatan tentang bumi yang diperingati setiap tahun pada tanggal 22 April, yang menjadi konsensus Perserikatan Bangsa Bangsa.

_MG_1315

Hari Bumi dicanangkan oleh Gaylord Nelson yang merupakan Senator AS dari Wisconsin, setelah menyaksikan kerusakan akibat tumpahan minyak besar-besaran di Santa Barbara, California. Terinspirasi oleh gerakan anti – perang mahasiswa, Beliau menyadari bahwa jika beliau bisa menanamkan semangat kesadaran publik yang muncul tentang polusi udara dan air, itu akan memaksa memasukkan perlindungan lingkungan ke dalam agenda politik nasional.

Hari bumi dirayakan tiap tahun di seluruh dunia untuk mengkampanyekan kepedulian lingkungan. Saat ini Hari bumi secara global diperingati oleh lebih dari 192 negara dan dokoordinasi secara global oleh Earth Day Network (www.earthday.org).

Terus bagaimana kita memperingati hari bumi ?

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk memperingati hari bumi.

Didik Diri Anda

Hal nomor satu yang dapat anda lakukan adalah mendidik diri anda sendiri mengenai hal ini. Anda tidak dapat beraksi dan tidak dapat mengajak orang lain untuk beraksi sampai anda memahami terlebih dahulu semua faktanya. Jadi sisihkan waktu untuk melakukan riset terhadap masalah seperti pemanasan global, daur ulang, konsumsi energi, dll.

Daur ulang

Daur ulang adalah salah satu cara terbaik untuk membantu lingkungan. Daur ulang akan menurunkan jumlah sampah di tempat sampah, menurunkan emisi karbon melalui pengurangan emisi manufaktur dan kendaraan dan juga memungkinkan sumber daya alam kita terdistribusi lebih merata ke penduduk dunia.

Matikan jika tak dipakai

Matikan lampu, komputer, TV dan peralatan lain jika tak digunakan. Kedengarannya mudah tetapi efektif. Banyak orang biasanya lupa untuk mematikan sesuatu jika sudah tak digunakan.

Hemat air

Kebutuhan akan air bersih semakin meningkat. Hematlah air saat mandi, membersihkan toilet dan mencuci pakaian. Matikan keran saat menggosok gigi dan tampunglah air di tong untuk menyirami tanaman anda.

Kurangi mengemudi

Emisi karbon dari kendaraan adalah salah satu penyebab utama pemanasan global. Gantikan mengemudi mobil dengan berjalan kaki, bersepeda, dan memakai transportasi massal. Melakukannya tidak hanya akan menyelamatkan lingkungan tetapi juga uang dan kesehatan anda.

Menggunakan kendaraan yang irit bahan bakar

Banyak orang masih harus mengemudi. Menggunakan kendaraan hemat energi dapat menurunkan emisi karbon dan konsumsi oli sampai 50%. Kendarailah mobil hibrid, mobil berukuran kecil, sepeda motor atau skuter.

Gunakan bohlam CFL (Compact Fluorescent Light)

CFL dapat mengurangi pemakaian listrik hingga 75% dibandingkan bohlam lampu standar dan tahan 10 kali lebih lama. Penghematan energi-nya bisa menurunkan emisi gas rumah kaca.

Cara-cara tadi cara-cara yang bisa dilakukan untuk menjaga bumi ini dan sebagai cara untuk memperingati hari bumi.

Berikut adalah  video dari EarthDay.org, mengusung tema Green City.

Kampanye The Green Cities difokuskan untuk membantu kota-kota di seluruh dunia menjadi lebih berkelanjutan dan mengurangi jejak karbon mereka. Fokus pada tiga elemen kunci – bangunan, energi, dan transportasi – kampanye bertujuan untuk membantu kota mempercepat transisi mereka untuk bersih, sehat, dan masa depan yang lebih ekonomis melalui peningkatan efisiensi, investasi dalam teknologi terbarukan, dan reformasi regulasi.

Salam Lestari

Tags:

About Andri

Seseorang yang bergelut di dunia IT, suka banget jalan-jalan apalagi jalannya bareng cewek terus gandengan tangan | Kopi | www.aMorinda.com