Taman Nasional Bali Barat

Menurut Dephut.go.id Taman Nasional adalah adalah kawasan pelestarian alam yang mempunyai ekosistem asli, dikelola dengan sistem zonasi yang dimanfaatkan untuk tujuan penelitian, ilmu pengetahuan, pendidikan, menunjang budidaya, pariwisata, dan rekreasi (pasal 1 butir 14 UU No. 5 Tahun 1990).

Bali sendiri memiliki Taman Nasional, terletak di kabupaten buleleng dan kabupaten jembrana yang kaya akan tumbuh-tumbuhan. Sekitar 175 jenis tumbuhan yang ada di Taman Nasional Bali Barat ini 14 jenisnya merupakan tumbuhan langka seperti bayur (Pterospermum javanicum), ketangi (Lagerstroemia speciosa), burahol (Stelechocarpus burahol), cendana (Santalum album), dan sonokeling (Dalbergia latifolia).

Jalak Bali

Taman Nasional Bali Barat juga memiliki satwa burung yang langka dan menjadi simbol Bali yaitu burung jalak bali (Leucopsar rothschildi), selain itu dapat juga di jumpai satwa seperti kijang (Muntiacus muntjak nainggolani), luwak (Pardofelis marmorata), trenggiling (Manis javanica), landak (Hystrix brachyura brachyura), dan kancil (Tragulus javanicus javanicus).

 

Nemo Bali Outbound

Untuk biota laut bisa ditemui di sekitar Pulau Menjangan dan Tanjung Gelap terdiri dari 9 jenis molusca laut diantaranya kima selatan (Tridacna derasa), triton terompet (Charonia tritonis), dan kima raksasa (Tridacna gigas) 32 jenis ikan diantaranya ikan bendera (Platax pinnatus), ikan sadar (Siganus lineatus), dan barakuda (Sphyraena jello) serta 45 jenis karang diantaranya Halimeda macroloba, Chromis spp., Balistes spp., Zebrasoma spp., dan Ypsiscarus ovifrons.

Di seputaran Taman Nasional Bali Barat ada beberapa objek menarik yang bisa kita kunjungi seperti :

  • Pulau Menjangan : Terkenal akan keindahaan alam bawah lautnya dan di pulau tersebut terdapat menjangan yang berkeliaran bebas.
  • Monumen Lintas Laut dan Makam Jayaprana.
  • Krepyak dan Sumberejo : Merupakan tempat pengamatan satwa.

Diluar Taman Nasional terdapat pula atraksi budaya yang diselenggaran tiap bulan September dan Oktober di Kabupaten Negara, yaitu Kendang Mebarung, Jegog dan Mekepung.

Jadi kapan kita jalan-jalan kesini ?

Sumber : www.dephut.go.id

About Andri

Seseorang yang bergelut di dunia IT, suka banget jalan-jalan apalagi jalannya bareng cewek terus gandengan tangan | Kopi | www.aMorinda.com