Kawasan Hutan Puncak Gunung Lawu Terbakar

Kebakaran di Gunung LawuMagetan, Sabtu–Kebakaran terjadi di kawasan hutan milik Perhutani Kesatuan Pemangku Hutan (KPH) Lawu, tepatnya di puncak Gunung Lawu, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, Sabtu dini hari.

Salah seorang warga Desa Sarangan, Kecamatan Plaosan, Sumari (40) mengatakan titik api diketahui berada di puncak tertinggi gunung lawu sejak pukul 03.00 wib dinihari.

“Menjelang Subuh, saya melihat kobaran api berada di atas puncak Gunung Lawu,” katanya.

Menurut dia, puncak tertinggi Gunung Lawu yang berada pada ketingggian 3.265 m dpl tersebut merupakan kawasan yang sering dikunjungi kalangan pencinta alam.

Di puncak gunung tersebut, kata dia, hampir setiap musim kemarau sering terjadi kebakaran. Hal itu dikarenakan kondisi pepohonan serta ilalang yang mengering dan mudah terbakar, jika tekena sulutan api yang secara tidak sengaja dibuang oleh warga, apalagi kawasan hutan lindung tersebut terbuka untuk kegiatan pendakian.

Hingga berita ini diturunkan kepulan asap masih terlihat dari pos pantau yang berjarak kira-kira 70 kilometer dari puncak Gunung Lawu yang berada di Kelurahan Sarangan, Kecamatan Plaosam. Namun hingga kini, belum diketahui penyebab kebakaran dan kerugian yang ditimbulkan.

Petugas Perhutani hingga saat ini belum bisa memberi keterangn mengenai penyebab terjadinya kebakaran tersebut.

“Kami belum bisa memberikan keterangan berapa kerugian dan penyebab kebakaran itu,” kata staf Humas KPH Lawu, Mujiono.

source kompas.co.id

About Viar MS

travel | green enthusiast | countryside | web design | beer | coffee