mountaineeFive #4: Gunung Batukaru

gunung Batukaru

Gunung Batukaru, berdiri megah di tengah alam yang mewah berhampar hijau persawahan, sederhananya pedesaan-pedesaan antara Tabanan dan Pupuan, Gunung Batukaru menyimpan banyak keindahan. Badannya yang besar menjulang terbentang dari utara hingga ke sisi selatan pulau Bali, mirip tempurung kelapa (asal nama Batukaru, yang artinya tempurung kelapa dalam bahasa Bali)

Batukaru memiliki dua jalur pendakian umum. Jalur pertama melalui Wongaya Gede, Tabanan. Masuknya dari pintu gerbang Pura Batukaru. Jalur kedua bisa ditempuh dari desa Pujungan. Desa Pujungan berada di jalur jalan alternatif yang menghubungkan Tabanan dengan Pupuan yang berada di sisi utara pulau Bali. Pengalaman penulis, dengan speed yang sangat santai puncak bisa dicapai via Wongaya Gede selama -+ 8 jam (pendakian malam) dan puncak dicapai dari jalur Pujungan -+5 jam (pendakian siang).

mountaineeFive #4 (15-16 Desember 2012)

Gunung Batukaru, gunung keempat dalam list rangkaian pendakian lima gunung di Bali (mountaineeFive). Menembus hujan selama setengah perjalanan di lereng yang lebat dengan vegetasi pepohonan tinggi dan tua. Lalu ‘membabat’ pakis dan paku yang menyemak dengan tangan dan kaki menjelang puncak. Tidak perlu golok untuk memapas paku dan pakis di sana karena sudah ada yang berbaik hati membuka rapatnya, yaitu warga sekitar gunung Batukaru. Kita hanya perlu membungkuk dan menyingkirkan tunas-tunas baru yang menutup jalur. Gak gampang, juga ga susah-susah banget. Dengan kesabaran semua bisa dilewati tanpa kesulitan berarti hingga puncak kami pijak menjelang senja. Good timing. Tepat saat lembayung di langit begitu indahnya seolah ucapan selamat datang dari langit (halah) hehe

Gn. Batukaru

Pendakian dimulai dari melakukan pelaporan ke pihak desa yang berwenang. Untuk perijinan atau pelaporan bisa menghubungi Bendesa adat yang saat melakukan pendakian ini dijabat oleh Bpk. Jero Mangku Angga (085237327201). Rumah pak Jero Angga berada di awal jalan masuk dari jalan utama menuju jalur pendakian. Beliau menyambut ramah kami lalu kemudian memberikan penjelasan aturan-aturan umum dan kebutuhan koordinasi agar pendakian terpantau dan aman. Salah satunya dengan bertukar nomor telpon untuk komunikasi.

Cuaca menyambut pendakian dengan awan gelap menggantung di lereng gunung. Baru 30 menit kaki-kaki kami menapak tanjakan sejak awal jalur, hujan lumayan deras mengguyur. Tentunya kami sudah mengantisipasi hujan ini, dengan segera perlengkapan hujan kami kenakan dan lanjutkan telusuri jalur pendakian yang sejak awal sudah ‘mengemplang’ kami dengan tanjakan yang tak ada habisnya. Perlahan jarak kami mulai renggang, terpisah jalur licin menanjak dan‚Ķ nafas yang mulai ‘senin kemis’ hahaha

Semua terbayarkan dengan beragam vegetasi di hutan dan pemandangan yang indah. Pepohonan besar dan tua menjadi daya tarik sendiri di jalur pendakian.

Menjelang puncak di ketinggian kurang lebih 2400mdpl, permukaan tubuh gunung Batukaru mulai terbuka. Ketinggian vegetasi mulai rendah. Pemandangan indah tersaji dari dataran rendah selatan dan bagian barat Bali terlihat jelas di titik ini. Sebagian tertutup awan, disapu cahaya matahari yang men-jingga sore itu. Mantablah, brow! Kaya di tipi-tipi NatGeo gitu deh. Dan kita yang berdiri di situ sesaat merasa begitu gagah dan kerennya. Gak kalah lah sama Genta, Zafran, dkk hehehe (red: 5cm)

Gn. Batukaru

Di puncak tepat pukul 5 sore, tenda kami buka segera setelah menghela nafas sejenak. Dapur mini kami dirikan. Barat Bali saat itu semakin jingga dan memerah dengan pendar matahari mengucap selamat beristirahat sebelum tenggelam di ufuk barat. Lalu malam kami dibuai beribu bintang di langit dan berjuta lampu-lampu kota di bawah. Pagi hari berikutnya kami dipertontonkan oleh alam; danau Tamblingan berkilau di sisi utara gunung juga matahari terbit yang memoles semua yang ada di sana bagai lukisan. Menakjubkan! Mari cintai planet ini!

Gn. Batukaru

 

Batukaru Bali

 

Bali Outbound Community

Foto-foto keren kami, eh Batukaru lainnya di sini

 

 

 

 

 

About Viar MS

travel | green enthusiast | countryside | web design | beer | coffee